Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Koneksi Internet Menjadi Lemot, Lag, Atau Tidak Stabil

Cepat dan lambannya koneksi internet yang kita gunakan sangat besar lengan berkuasa terhadap aktifitas kita di internet. Koneksi dengan kecepatan yang lambat sering kali membuat kita geregetan, jengkel, dan lain sebagainya bahkan dapat mengakibatkan pekerjaan maupun sesuatu yang akan kita lakukan terhambat.

Sedangkan koneksi yang lancar bahkan ngebut menjadi idaman banyak pengguna internet, meski tak jarang koneksi dengan kecepatan yang sangat cepat bikin kuota serasa boros hehe.

Ternyata itu semua bukan terjadi begitu saja tanpa sebab, melainkan banyak faktor penyebab internet lemot, lag, atau lambat menyerupai yang saya jabarkan lagi dibawah ini.


Beberapa penyebab koneksi internet lemot, lag, dan tidak stabil


1. Provider

Provider menjadi kepingan yang paling memilih dari anggun tidaknya koneksi. Misalnya saja provider kartu SIM smartphone, biasanya yang memiliki sinyal anggun bakalan punya kecepatan internet yang stabil meski gak menjamin juga kecepatannya.

Sedangkan untuk hotspot maupun WiFi juga hampir serupa. Meski agak mahal kalau provider itu emang yummy banget buat internetan ya gausah takut buat langganan, daripada murah tapi lemot, lancar dikit kena FUP. Gak yummy banget deh.

2. Cuaca

Kok dapat cuaca sih? mungkin ada yang agak gimana gitu, tapi ada juga yang paham soalnya setiap kali badai, hujan, petir, mendung, angin kecepatan internet dapat berubah. Sebenarnya bukan salah cuaca sih, tetapi jaringannya.

Pada ketika cuaca hujan misalnya, mungkin ada sentra jaringan atau server yang terganggu, sinyal semakin lemah, dan lain sebagainya.

3. Lokasi

Lokasi ternyata juga tak kalah sering memilih seberapa lancar internet yang dapat kita pakai. Misalnya di desa atau pengunungan biasanya tower dari provider, atau lokasi sentra jaringan jarang ditemui atau jauh sehingga sinyal dan jaringan juga sangat minim.

Berbeda dengan lokasi diperkotaan, yang pada umumnya banyak bangunan, tower, dan sentra dari jaringan sehingga memudahkan seseorang untuk menikmati koneksi yang lancar.

4. Gadget yang digunakan

Eittts, ternyata selain dari faktor eksternal ternyata ada juga faktor internal salah satunya ialah gadget yang kau gunakan. Kalau smartphone biasanya semakin kesini semakin mendukung jaringan dengan koneksi yang cepat, contohnya wifi, 4G, dan fitur-fitur lainnya yang dapat mempercepat koneksi.

Bahkan para produsen gadget dan sistem operasi yang dipakai sudah berlomba-lomba membuat cara biar koneksi di gadget semakin optimal melalui fitur maupun materi yang dipakai lantaran materi juga besar lengan berkuasa dalam penangkapan sinyal khususnya pada smartphone menyerupai Android dan iPhone.


5. Data yang diterima

Ngomongin data yang diterima kemungkinan besar dari kalian niscaya berifikir bahwa ini sih cuman kalau download file. Padahal kalian salah besar, meski tidak mengunduh file, namun ketika kalian browsing, chat dan membuka feed maupun beranda media umum menyerupai IG, Facebook, Line, dan lain-lain secara otomatis kalian juga mengunduh data.

Data tersebut besaranya juga berbeda-beda, semakin memuat banyak karakter, gambar, maupun konten maka data yang dipakai relatif semakin banyak. Nah, ketika data tersebut berukuran besar maka dalam pemuatannya pun memerlukan koneksi yang lebih. Apabila internet memiliki jaringan lamban, niscaya semakin berat data yang dimuat semakin lamban untuk diakses.

6. Aplikasi

Aplikasi yang saya maksud dapat berupa browser, media sosia, maupun sejenis. Semua itu memiliki server dan kualitas berbeda. Semakin anggun aplikasi niscaya juga semakin optimal untuk digunakan, dibuka ataupun dimuat. Sebaliknya, aplikasi dengan server yang buruk juga akan besar lengan berkuasa ketika kau melaksanakan aktifitas di aplikasi tersebut.

Maka masuk akal sekali jikalau beda aplikasi yang kau buka kecepatan internet serasa berbeda maupun berubah-ubah.


Nah, itu beliau beberapa hal yang mengakibatkan koneksi lemot, lag, dan kurang stabil. Sebenarnya masih ada lagi beberapa yang belum dapat saya sampaikan. Namun diatas tersebut sudah cukup secara umum menjadi beberapa hal yang paling sering dan penting yang memilih kecepatan koneksi internet.
Sumber https://www.ngeneki.com/