Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Selamat Hari Pers Nasional (HPN). Sampaikan Kata-kata Bijak Sebagai Ucapan Tentang Hari Pers

Ucapan Hari Pers Nasional (HPN). Tepat jatuh pada tanggal 9 Februari setiap tahun bangsa Indonesia akan memperingati HPN (Hari Pers Nasional) dan pada tahun 2019 ini kegiatan acara puncak akan diselenggarakan di Jawa Timur. Selain itu telah launching maskot HPN 2019 bernama "EJA". Seperti sejarah tahun-tahun sebelumnya maskot HPN memang dilaunching sebelum acara puncak HPN (Hari Pers Nasional).

Seiring perkembangannya mulai dari sejarah pers nasional hingga hari peringatan tersebut terus mengalami perubahan, asalkan itu tidak menghilangkan sejarah dan makna Hari Pers Nasional (HPN) tentu bukan menjadi ucapan yang perlu dikhawatirkan. Untuk memaknai hari peringatan tersebut sengaja saya menulis tentang beberapa ucapan-ucapan untuk Hari Pers baik itu berupa ucapan selamat hingga kata-kata bijak tentang kebebasan pers.

 Februari setiap tahun bangsa Indonesia akan memperingati HPN  Selamat Hari Pers Nasional (HPN). Sampaikan Kata-kata Bijak Sebagai Ucapan Tentang Hari Pers
Gambar: Maskot dan Tema HPN 2019


Mengutip dari situs Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) tentang sekilas Sejarah Pers Nasional bahwa semangat watawan semestinya mengutamakan perjuangan bangsa baik itu pers perjuangan dan pers pembangunan. Dari Sejarah Pers Nasional itulah PWI mengatakan bahwa tepatlah keputusan Presiden Soeharto tanggal 23 Januari 1985 untuk menetapkan tanggal 9 Februari sebagai Hari Pers Nasional.

Tentu memperingati Hari Pers Nasional (HPN) bukan sekedar menyelenggarakan kegiatan acara setiap tahun namun juga untuk lebih mengedepankan fungsi pers secara umum dan Peranannya untuk mengutamakan perjuangan dengan semangat dan strategik sendiri dalam upaya berlanjut untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan yang sesungguhnya.

Upaya berlanjut untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan pastinya juga berlandaskan atas dasar-dasar jurnalistik yang semestinya menjadi landasan dasar proses 'kewartawanan' sehingga insan pers mampu menjaga Independensi terutama pada Tahun Politik ini. Tentu menjaga Independensi tersebut tidaklah mudah terutama jika berbicara tentang stakeholder pemilik media mereka yang terjun ke politik langsung pastinya akan sulit membangun Independensi dan Profesionalitas Wartawan itu sendiri kerena kebebasannya tentu terhambat.

Profesionalitas Wartawan adalah seperti "ibu bapak" bagi anak-anak bangsa khususnya dalam hal informasi. Ketika informasi yang diberikan oleh "ibu bapak" tidak dibangun secara Independensi dan Profesionalitas tentu anak-anak akan tersesat. Disinilah peran penting dari semangat watawan yang semestinya mengutamakan perjuangan bangsa. Sesuai dengan maskot Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2019 dimana maskot EJA, dimana ini menggambarkan kecerdasan dan bertanggung jawab sebagaimana peran pers di Indonesia tentu dapat mewakili tujuan hari peringatan tersebut.

Sebelumnya, mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional (HPN) bagi insan pers di seluruh Indonesia. Untuk "Pers sehat, bangsa hebat !" "Jayalah terus pers."

Dibawah ini Anda akan menemukan Kata-kata Bijak, Kata-kata mutiara, Kata-kata Inspirasi sebagai contoh ucapan selamat Hari Pers Nasional (HPN) 9 Februari 2019.

1. “Pers kritis, independen dan investigasi adalah sumber kehidupan demokrasi mana pun. Pers harus bebas dari gangguan negara. Ia harus memiliki kekuatan ekonomi untuk bertahan menghadapi kebodohan pejabat pemerintah. Itu harus memiliki independensi yang cukup dari kepentingan pribadi untuk berani dan bertanya tanpa rasa takut atau bantuan. Ia harus menikmati perlindungan konstitusi, sehingga ia dapat melindungi hak-hak kami sebagai warga negara. " - Nelson Mandela Kongres Lembaga Pers Internasional, 1994

2. "Tantangan terbesar terhadap kebebasan media disebabkan oleh diri sendiri: Menyingkirkan konten yang kurang memperhatikan apa yang diinginkan audiens dan pembaca; mengabaikan etika profesi; tidak mempertahankan standar profesional yang tinggi; dan tidak memberi perhatian yang memadai pada dimensi bisnis dari bisnis berita." Eric Chinje, Chief Executive Officer, African Media Initiative.

3. "... penting untuk menghargai peran yang dapat dimainkan oleh pers yang bebas dan bersemangat dalam membawa kengerian rasisme, dan mengilhami orang-orang di seluruh dunia untuk bertindak atas nama para korban rasisme, diskriminasi dan kefanatikan dalam segala jenis." Mantan Sekretaris Jenderal PBB Kofi Annan - 2001.

4. "Karena pihak-pihak yang tidak seimbang dari setiap uraian tidak pernah bisa mentolerir penyelidikan gratis dalam bentuk apa pun, ketika digunakan untuk melawan diri mereka sendiri, lisensi, dan bahkan kebebasan pers yang paling sering, segera membangkitkan dendam dan balas dendam." - John Adams

5. "Kebebasan hati nurani, pendidikan, berbicara, berkumpul adalah salah satu dasar demokrasi dan semuanya akan dibatalkan jika kebebasan pers berhasil ditantang. Selamat Hari Pers Nasional."

6. "Kebebasan berbicara dan kebebasan pers belum diberikan kepada orang-orang agar mereka dapat mengatakan hal-hal yang menyenangkan, dan yang didasarkan pada pemikiran yang diterima, tetapi hak untuk mengatakan hal-hal yang tidak menyenangkan, hak untuk mengatakan hal-hal yang menyampaikan pemikiran baru namun tidak terduga, hak untuk mengatakan sesuatu, meskipun mereka melakukan kesalahan." Samuel Gompers

7. "Kebebasan berbicara, kebebasan pers, dan kebebasan beragama semuanya memiliki aspek ganda - kebebasan berpikir dan kebebasan bertindak." Frank Murphy

8. "Dua Puluh Lima Hal yang Orang-Orang Punya Kapasitas Yang Mengejutkan untuk Terkejut berulang-ulang";  (1.) Jurnalis terkadang mengada-ada. (2.) Jurnalis terkadang membuat kesalahan. (3.) Hampir semua buku yang diterbitkan sebagai memoar awalnya ditulis sebagai novel, dan kemudian agen / editor berkata, Ini mungkin bekerja lebih baik sebagai memoar. (6.) Kebebasan pers milik orang yang memilikinya." - Nora Ephron dalam Twenty-five Things People Have a Shocking Capacity to Be Surprised by Over and Over Again

9. "Kain batik sebagai kemben;
Selendang sutra untuk menari;
Pers harus tetap independen;
Salah satu pilar demokrasi penopang negeri
- Pantun Kemenkominfo di Hari Pers Nasional."

Dalam kata-kata Selamat Hari Pers Nasional (HPN) apabila ada kesalahan penyampaian maupun ucapan kami memohon maaf!!