Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Setelah Sholat Dhuha

Dalam doa yang kita panjatkan kepada Allah SWT, kita selalu menyelipkan permohonan doa semoga di mudahkan meraih rezeki-Nya dari arah yang tak terduga. "min haitsu laa yahtasib". Pertanyaannya, bagaimana semoga rezeki kita dimudahkan? Adakah ibadah membantu kita untuk memperlancar datangnya rezeki? mari simak pembahasanya dibawah ini.

 Dalam doa yang kita panjatkan kepada Allah SWT Doa Sesudah Sholat Dhuha

Ternyata Rasulullah telah mencontohkannya untuk kita teladani, yaitu dengan shalat dhuha. Shalat dhuha yaitu ibadah shalat yang dianjurkan oleh Allah dan Rasul-Nya. Shalat sunnat ini yang dilakukan seorang muslim ketika waktu dhuha.Waktu dhuha tiba ketika matahari mulai naik, kira-kira tujuh hasta semenjak terbitnya. Jumlah rakaat shalat dhuha, dari dua sampai duabelas rakaat.Meskipun bernilai sunnah, shalat ini mengandung manfaat yang sangat besar bagi umat Islam. Salah satunya yaitu membuka pintu-pintu rezeki dan keberkahannya.

Rasulullah bersabda di dalam Hadists Qudsi,“Allah SWT berfirman, “Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat shalat dhuha, alasannya yaitu dengan shalat tersebut, Aku cukupkan kebutuhanmu pada sore harinya.” (HR Hakim dan Thabrani). Dalam hadist yang lain dikatakan,“Barangsiapa yang masih berdiam diri di mesjid atau daerah shalatny setelah shubuh alasannya yaitu melaksanakan I’tikaf, berzikir, dan melaksanakan dua rakaat shalat dhuha disertai tidak berkata sesuatu kecuali kebaikan, maka dosa-dosanya akan diampuni meskipun bnyaknya melebihi buih di lautan.” (HR. Abu Daud)


 Dalam doa yang kita panjatkan kepada Allah SWT Doa Sesudah Sholat Dhuha

Doa sehabis sholat dhuha tidak dibatasi. Kita boleh berdoa apa saja asalkan bukan doa untuk keburukan. Doa yang populer dalam mazhab Syafi’i ada pada paragraf berikut. Selain doa itu, kita boleh membaca doa yang kita sukai. Namun, alasannya yaitu ada hukum mazhab, maka hendaklah kita jangan melupakan semoga memulai doa itu dengan menyebut nama ALLAH, memuji syukur kepada-NYA dan kemudian bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW.

ALLAAHUMMA INNADH-DHUHAA ‘A DHUHAA ‘UKA - WAL BAHAA ‘A BAHAA
‘UKA – WAL JAMAALA JAMAALUKA – WAL QUWWATA QUWWATUKA – 
WALQUDRATA QUDRATUKA – WAL ‘ISHMATA ‘ISHMATUKA.

ALLAAHUMMA IN KAANA RIZQII FIS-SAMAA ‘I FA ANZILHU – WA IN
KAANA FIL ARDI FA AKHRIJHU – WA IN KAANA MU’ASSARAN FA
YASSIRHU – WA IN KAANA HARAAMAN FATHAHHIRHU – WA IN KAANA
BA’IIDAN FA QARRIBHU, 

BIHAQQI DHUHAA ‘IKA, WA BAHAA ‘IKA, WAJAMAALIKA, WA QUWWATIKA, WA  QUDRATIKA. AATINII MAA ‘ATAITA ‘IBAADAKASH-SHAALIHIIN.

ARTINYA:
“Wahai ALLAH, sebetulnya waktu Dhuha itu waktu Dhuha-MU – dan kecantikan yaitu kecantikan-MU dan keindahan yaitu keindahan-MU – dan kekuatan yaitu kekuatan-MU – dan kekuasaan yaitu kekuasaan-MU - dan pemberian itu yaitu perlindungan-MU.

Wahai ALLAH, jikalau rejekiku masih diatas langit, maka turunkanlah – Dan jikalau ada didalam bumi maka keluarkanlah – dan jikalau sukar maka mudahkanlah – dan kalau haram maka sucikanlah - dan jikalau masih jauh maka dekatkanlah dengan berkat waktu Dhuha, keagungan, keindahan, kekuatan Dan kekuasaan-MU. Limpahkanlah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-hambamu yang shaleh.

Rezeki yaitu hak semua orang dan kemiskinan mendekati kekufuran, maka ibadah dan perjuangan yaitu jawabannya. Dengan mengenal keutamaan, keajaiban shalat dhuha dan mengerjakan doa sehabis shalat dhuha, semoga kita akan lebih tergerak untuk merawat shalat sunah ini. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Sumber http://alquranpedomankita.blogspot.com/