Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Command Prompt (Cmd)

Kali ini aku akan shere mengenai sejarah adanya command prompt (cmd) | mungki bagi teman yang sedang menekuni dunia ilmu komputer terutama windows, mungkin kata Command Prompt (cmd) sudah tidak gila lagi.

Command Prompt (executable cmd.exe) yakni command-line interpreter yang disediakan Microsoft pada OS / 2, Windows CE dan pada sistem operasi Windows NT-based (termasuk Windows, Windows 2000, Windows XP, Windows Vista, Windows 7 dan Windows Server 2003).

Therese Stowell menyebarkan versi awal cmd.exe untuk Windows NT. Walaupun beberapa perintah DOS tidak didukung atau sudah diubah (misalnya fungsi deltree digabung kedalam rd dalam bentuk parameter / s ), cmd.exe masih mempunyai lebih banyak perintah built-in.
 mungki bagi teman yang sedang menekuni dunia ilmu komputer terutama windows sejarah command prompt (cmd)

Versi cmd.exe pada OS/2 dan Windows NT mempunyai pesan kesalahan yang lebih rinci dibandingkan dengan "Bad command or file name" (dalam hal salah perintah) dari command.com. Pada versi cmd.exe OS/2 pesan kesalahan dilaporkan dengan bahasa sistem yang digunakan , teksnya diambil dari sistem pesan file.

Perintah Bantuan lalu sanggup dikeluarkan dengan pesan nomor kesalahan untuk mendapat info lebih lanjut.

cmd.exe tetap menjadi bab dari Windows Vista, Windows Server 2008, dan Windows 7. Tidak menyerupai COMMAND.COM, yang merupakan jadwal DOS, cmd.exe yakni sebuah jadwal orisinil untuk platform. Hal ini memungkinkan untuk memanfaatkan fitur yang tersedia untuk jadwal orisinil pada platform yang tidak tersedia untuk jadwal DOS.

Sebagai contoh, alasannya yakni cmd.exe yakni sebuah aplikasi mode teks orisinil pada OS / 2, sanggup memakai faktual Pipeline (Unix) | pipa di jaringan pipa perintah, sehingga kedua sisi pipa untuk menjalankan secara bersamaan. Sebagai hasilnya, dimungkinkan untuk mengarahkan standard error di cmd.exe, tidak menyerupai COMMAND.COM.

Pada kenyataannya, cmd.exe yakni jadwal Windows yang bertindak sebagai interpreter perintah DOS menyerupai garis. Hal ini umumnya kompatibel, tetapi memperlihatkan ekstensi yang menangani keterbatasan command.comCOMMAND.COM:

SETLOCAL / ENDLOCAL perintah membatasi ruang lingkup perubahan lingkungan
CALL internal dan TO GO label mengurangi kebutuhan untuk file batch individu untuk melaksanakan bab dari tugas.


Sumber http://semukan.blogspot.com/