Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Top 14 Manfaat Kesehatan Dari Brokoli

Brokoli ialah sayuran hijau yang kurang jelas ibarat pohon miniatur. Itu milik spesies flora yang dikenal sebagai Brassica oleracea .
Ini terkait dekat dengan kubis, kubis Brussel, kale dan kembang kol - semua tumbuhan yang sanggup dimakan secara kolektif disebut sebagai sayuran silangan.
Ada tiga varietas utama brokoli:
  • Brokoli Calabrese
  • Menumbuhkan brokoli
  • Kembang kol ungu - meskipun namanya sejenis brokoli
Brokoli ialah pembangkit tenaga listrik yang kaya akan vitamin, mineral, serat, dan antioksidan.
Berikut ialah 14 manfaat kesehatan utama dari brokoli.
Itu milik spesies flora yang dikenal sebagai  Top 14 Manfaat Kesehatan dari Brokoli

1. Dikemas Dengan Vitamin, Mineral, dan Senyawa Bioaktif

Salah satu laba terbesar brokoli ialah kandungan nutrisinya. Ini sarat dengan bermacam-macam vitamin, mineral, serat dan senyawa bioaktif lainnya.
Satu cangkir (91 gram) paket brokoli mentah :
  • Karbohidrat: 6 gram
  • Protein: 2,6 gram
  • Lemak: 0,3 gram
  • Serat: 2,4 gram
  • Vitamin C: 135% dari RDI
  • Vitamin A: 11% dari RDI
  • Vitamin K: 116% dari RDI
  • Vitamin B9 (Folat): 14% dari RDI
  • Kalium: 8% dari RDI
  • Fosfor: 6% dari RDI
  • Selenium: 3% dari RDI
Brokoli sanggup dimakan matang atau mentah - keduanya sehat tepat tetapi mengatakan profil nutrisi yang berbeda.
Metode memasak yang berbeda, mirip mendidih, microwave, menumis dan mengukus, mengubah komposisi nutrisi sayuran, terutama mengurangi vitamin C, serta protein dan gula larut. Mengukus sepertinya mempunyai imbas negatif paling sedikit.
Namun, mentah atau dimasak, brokoli adalah sumber vitamin C yang sangat baikHanya setengah cangkir (78 gram) brokoli yang dimasak menyediakan 84% dari rujukan asupan harian (RDI) - lebih dari setengah oranye sanggup menawarkan.
RINGKASANBrokoli ialah sumber bermacam-macam vitamin, mineral, dan serat yang kaya. Metode memasak yang berbeda sanggup memengaruhi komposisi nutrisi sayuran, tetapi brokoli ialah tambahan yang sehat untuk diet Anda baik dimasak atau mentah.

2. Mengandung Antioksidan Ampuh Yang Menawarkan Efek Perlindungan Kesehatan

Kandungan antioksidan dari brokoli sanggup menjadi salah satu dari ramuan utama untuk kesehatan manusia.
Antioksidan ialah molekul yang menghambat atau menetralisir kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Ini sanggup mengakibatkan peradangan berkurang dan imbas kontribusi kesehatan secara keseluruhan.
Brokoli mempunyai kadar glucoraphanin yang tinggi, senyawa yang diubah menjadi antioksidan berpengaruh yang disebut sulforaphane selama proses pencernaan.
Uji tabung dan penelitian pada binatang memperlihatkan bahwa sulforaphane sanggup memperlihatkan banyak manfaat kesehatan, termasuk mengurangi gula darah, kadar kolesterol, stres oksidatif dan perkembangan penyakit kronis. Namun, penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk memahami kiprahnya pada manusia.
Brokoli juga mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin yang dapat diukur , yang sanggup mencegah stres oksidatif dan kerusakan sel di mata Anda.
RINGKASANBrokoli mengandung beberapa antioksidan potensial yang sanggup mendukung sel dan jaringan sehat di seluruh badan Anda.

3. Senyawa Bioaktif Dapat Berkontribusi untuk Mengurangi Peradangan

Brokoli mengandung banyak sekali senyawa bioaktif yang telah terbukti mengurangi peradangan di jaringan badan Anda.
Ini berteori bahwa beberapa senyawa bekerja secara sinergis untuk mendukung imbas ini, meskipun beberapa sepertinya bekerja secara individual juga.
Kaempferol, flavonoid dalam brokoli, memperlihatkan kapasitas anti-inflamasi yang berpengaruh pada binatang dan uji tabung.
Penelitian pada insan kecil pada perokok tembakau juga mengungkapkan bahwa makan brokoli mengakibatkan penurunan penanda peradangan yang signifikan.
Sementara hasil ini menjanjikan, lebih banyak penelitian dibutuhkan untuk lebih memahami bagaimana konsumsi brokoli mempengaruhi peradangan pada manusia.
RINGKASANBrokoli mengandung beberapa senyawa bioaktif yang memperlihatkan imbas anti-inflamasi pada binatang dan studi tabung-uji. Namun, penelitian insan lebih banyak dibutuhkan.

4. Dapat Melindungi Terhadap Beberapa Jenis Kanker

Sayuran crusiferous, mirip brokoli, mengandung banyak sekali senyawa bioaktif yang sanggup mengurangi kerusakan sel yang disebabkan oleh penyakit kronis tertentu.
Beberapa penelitian kecil telah memperlihatkan bahwa makan sayuran cruciferous sanggup melindungi terhadap jenis kanker tertentu, yaitu:
  • Payudara
  • Prostat
  • Lambung / perut
  • Kolorektal
  • Ginjal / ginjal
  • Kandung kemih
Meskipun data ini menggembirakan, itu tidak cukup berpengaruh untuk menciptakan klaim kesehatan definitif mengenai tugas brokoli dalam pengobatan atau pencegahan kanker.
Pada akhirnya, penelitian insan lebih lanjut dibutuhkan untuk memilih hubungan antara sayuran silangan dan pencegahan kanker.
RINGKASANBeberapa penelitian telah memperlihatkan bahwa sayuran silangan, mirip brokoli, mungkin mempunyai imbas pencegahan kanker, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan.

5. Antioksidan dan Serat Dapat Membantu Kontrol Gula Darah

Makan brokoli sanggup mendukung kontrol gula darah yang lebih baik pada penderita diabetes. Meskipun prosedur yang tepat tidak diketahui, mungkin terkait dengan kandungan antioksidan brokoli.
Satu penelitian pada insan memperlihatkan penurunan resistensi insulin yang signifikan pada orang dengan diabetes tipe 2 yang mengonsumsi kecambah brokoli setiap hari selama satu bulan.
Menariknya, penelitian pada binatang memperlihatkan penurunan gula darah selain mengurangi kerusakan sel pankreas pada tikus diabetes yang diberi ekstrak brokoli.
Brokoli juga merupakan sumber serat yang baikBeberapa penelitian memperlihatkan bahwa asupan serat masakan yang lebih tinggi dikaitkan dengan gula darah yang lebih rendah dan meningkatkan kontrol diabetes.
RINGKASANMakan brokoli sanggup menurunkan gula darah dan meningkatkan kontrol diabetes. Ini kemungkinan terkait dengan kandungan antioksidan dan seratnya.

6. Dapat Mendukung Kesehatan Jantung dalam Berbagai Cara

Beberapa penelitian memperlihatkan bahwa brokoli sanggup mendukung kesehatan jantung dalam banyak sekali cara.
Peningkatan kadar kolesterol jahat dan trigliserida "buruk" diketahui menjadi faktor risiko utama untuk penyakit jantung. Brokoli sanggup memainkan tugas dalam meningkatkan penanda ini.
Satu penelitian mencatat penurunan trigliserida secara signifikan dan kolesterol LDL “buruk”, serta peningkatan kadar kolesterol HDL “baik” pada orang yang diobati dengan komplemen kecambah brokoli bubuk.
Beberapa penelitian juga mendukung gagasan bahwa antioksidan spesifik dalam brokoli sanggup mengurangi risiko serangan jantung secara keseluruhan.
Sebuah penelitian pada tikus yang diberi makan tunas brokoli memperlihatkan imbas kontribusi yang potensial terhadap kematian sel dan stres oksidatif di jaringan jantung sehabis serangan jantung.
Selain itu, asupan masakan kaya serat yang lebih tinggi mirip brokoli dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung.
RINGKASANPenelitian memperlihatkan bahwa brokoli sanggup membantu mengurangi banyak sekali faktor risiko penyakit jantung dan mencegah kerusakan jaringan jantung.

7. Meningkatkan Pencernaan Sehat dan Mengurangi Sembelit

Brokoli kaya serat dan antioksidan - keduanya sanggup mendukung fungsi usus yang sehat dan kesehatan pencernaan.
Konstanitas usus dan komunitas kuman sehat yang berpengaruh di dalam usus besar Anda ialah dua komponen penting untuk kesehatan pencernaan. Makan masakan kaya serat dan antioksidan mirip brokoli sanggup memainkan tugas dalam menjaga fungsi usus yang sehat.
Sebuah penelitian pada tikus dengan diet brokoli menemukan penurunan tingkat peradangan di usus besar, serta perubahan yang menguntungkan pada kuman usus.
Sebuah studi insan baru-baru ini memperlihatkan bahwa orang yang makan brokoli sanggup buang air besar lebih gampang daripada individu dalam kelompok kontrol.
Meskipun hasil ini menjanjikan, lebih banyak penelitian insan dibutuhkan untuk lebih memahami bagaimana brokoli mempengaruhi kesehatan pencernaan.
RINGKASANMakan brokoli sanggup mendukung keteraturan usus dan kuman usus yang sehat, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan.

8. Dapat memperlambat penurunan mental dan mendukung fungsi otak yang sehat

Beberapa nutrisi dan senyawa bioaktif pada brokoli sanggup memperlambat penurunan mental dan mendukung fungsi otak dan jaringan saraf yang sehat.
Sebuah penelitian pada 960 orang remaja yang lebih renta mengungkapkan bahwa satu porsi per hari sayuran hijau gelap, mirip brokoli, sanggup membantu menahan penurunan mental yang terkait dengan penuaan.
Selain itu, sebuah penelitian pada binatang memperlihatkan bahwa tikus yang diobati dengan kaempferol - senyawa dalam brokoli - telah menurunkan insiden cedera otak dan mengurangi peradangan jaringan saraf sehabis insiden mirip stroke.
Sulforaphane ialah senyawa bioaktif potensial lainnya yang ada di brokoli dengan potensi untuk mendukung fungsi otak setelah terjadi penurunan oksigenasi ke otak.
Dalam beberapa penelitian, tikus yang diobati dengan sulforaphane memperlihatkan pemulihan jaringan otak yang signifikan dan mengurangi peradangan saraf sehabis cedera otak atau paparan racun.
Sebagian besar penelitian ketika ini yang mengevaluasi imbas senyawa bioaktif yang ditemukan dalam brokoli pada kesehatan otak terbatas pada penelitian pada hewan. Penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk memilih bagaimana senyawa ini mendukung fungsi neurologis pada manusia.
RINGKASANBeberapa penelitian pada binatang memperlihatkan bahwa senyawa bioaktif tertentu pada brokoli sanggup mempunyai imbas kontribusi pada jaringan otak. Namun, penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk membangun hubungan ini pada manusia.

9. Dapat Membantu Memperlambat Proses Penuaan

Proses penuaan sebagian besar disebabkan oleh stres oksidatif dan mengurangi fungsi metabolisme selama perjalanan hidup.
Meskipun penuaan ialah proses alami yang tidak sanggup dihindari, kualitas contoh makan dianggap sebagai pemain utama dalam memilih ekspresi genetik dan perkembangan penyakit yang berkaitan dengan usia.
Penelitian memperlihatkan bahwa sulforaphane, senyawa bioaktif kunci dalam brokoli, mungkin mempunyai kapasitas untuk memperlambat proses biokimia penuaan dengan meningkatkan ekspresi gen antioksidan.
Namun, penelitian yang lebih manusiawi dibutuhkan untuk memilih hubungan sebab-akibat antara asupan diet brokoli dan efeknya pada proses penuaan.
RINGKASANSulforaphane, senyawa yang ditemukan dalam brokoli, mungkin sanggup memperlambat proses penuaan. Lebih banyak penelitian insan dibutuhkan untuk lebih memahami fungsi ini.

10. Konten Vitamin C Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh yang Sehat

Sistem kekebalan insan ialah kompleks dan membutuhkan banyak nutrisi untuk berfungsi dengan baik.
Vitamin C adalah nutrisi yang paling penting untuk fungsi kekebalan badan - dan brokoli penuh dengan itu.
Penelitian memperlihatkan bahwa vitamin C berperan baik dalam pencegahan dan pengobatan banyak sekali penyakit. Asupan harian 100-200 mg vitamin C sepertinya cukup untuk mencegah jerawat tertentu.
Biasanya, vitamin C dikaitkan dengan jeruk atau stroberi, tetapi brokoli niscaya layak mendapat kredit - porsi setengah cangkir (78 gram) dari brokoli yang dimasak memperlihatkan 84% RDI untuk vitamin ini.
RINGKASANBrokoli menyediakan sumber vitamin C yang sangat baik, nutrisi yang diketahui mendukung respons imun yang sehat.

11. Dapat Mendukung Kesehatan Gigi dan Mulut

Brokoli mengandung bermacam-macam nutrisi, beberapa di antaranya diketahui mendukung kesehatan lisan dan mencegah penyakit gigi.
Brokoli ialah sumber vitamin C dan kalsium yang baik, dua nutrisi yang terkait dengan penurunan risiko penyakit periodontal. Kaempferol, flavonoid yang ditemukan dalam brokoli, mungkin juga berperan dalam mencegah periodontitis.
Penelitian tambahan memperlihatkan bahwa sulforaphane yang ditemukan dalam brokoli sanggup mengurangi risiko kanker mulut.
Beberapa sumber mengklaim bahwa makan brokoli mentah sanggup membantu menghilangkan plak secara manual dan memutihkan gigi Anda. Namun, tidak ada data ilmiah yang ketat untuk mendukung hal ini.
Pada akhirnya, lebih banyak penelitian insan dibutuhkan untuk lebih memahami tugas brokoli dalam menjaga lisan yang sehat.
RINGKASANNutrisi tertentu yang ditemukan dalam brokoli dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit gigi dan lisan tertentu.

12. Mempromosikan Tulang Sehat dan Sendi

Banyak nutrisi yang ditemukan dalam brokoli diketahui mendukung tulang sehat dan sanggup mencegah gangguan terkait tulang.
Brokoli ialah sumber yang baik dari vitamin K dan kalsium, dua nutrisi penting untuk menjaga tulang yang berpengaruh dan sehat.
Ini juga mengandung fosfor, seng dan vitamin A dan C, yang dibutuhkan untuk tulang sehat juga.
Sebuah penelitian tabung memperlihatkan bahwa sulforaphane yang ditemukan dalam brokoli sanggup membantu mencegah osteoartritis. Namun, penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk menarik kesimpulan definitif perihal kiprahnya pada manusia.
RINGKASANBanyak nutrisi dalam brokoli - termasuk kalsium, vitamin K dan fosfor - dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang. Selain itu, penelitian awal memperlihatkan bahwa antioksidan tertentu dalam brokoli sanggup mencegah beberapa gangguan sendi.

13. Kandungan Nutrien Dapat Mendukung Kehamilan Sehat

Tubuh Anda membutuhkan banyak vitamin, mineral dan protein selama kehamilan untuk mendukung bayi dan ibu.
Brokoli ialah sumber vitamin B yang baik - yaitu B9, juga dikenal sebagai folat.
Folat ialah nutrisi penting untuk perkembangan otak janin dan sumsum tulang belakang. Konsumsi masakan yang kaya folat secara teratur mirip brokoli sanggup membantu memastikan hasil kehamilan yang sehat.
Selain itu, beberapa penelitian pada binatang memperlihatkan bahwa brokoli dimakan oleh ibu sanggup mendukung perkembangan kognitif yang lebih sehat pada bayi yang gres lahir.
Penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk lebih memahami bagaimana brokoli dan senyawa bioaktifnya sanggup mendukung hasil kehamilan yang lebih sehat.
RINGKASANBrokoli mengandung nutrisi penting untuk aspek-aspek tertentu dari perkembangan janin. Folat sangat penting dalam hal ini. Namun, penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk mempelajari topik ini lebih lanjut.

14. Lindungi Kulit Dari Kerusakan Matahari

Kanker kulit meningkat lantaran lapisan ozon yang rusak dan peningkatan paparan sinar ultraviolet (UV).
Penelitian memperlihatkan bahwa senyawa bioaktif pada brokoli sanggup melindungi terhadap kerusakan radiasi UV yang mengarah pada kanker kulit.
Dalam beberapa penelitian pada hewan, pengobatan dengan ekstrak brokoli menghasilkan penurunan pertumbuhan dan prevalensi tumor yang signifikan pada tikus dengan kanker kulit yang diinduksi radiasi sinar UV.
Penelitian pada insan kecil telah mencapai hasil yang sama, mengungkapkan imbas kontribusi yang signifikan dari ekstrak brokoli terhadap kerusakan kulit dan perkembangan kanker sehabis paparan sinar matahari.
Pada akhirnya, penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk memahami bagaimana brokoli dan komponen bioaktifnya sanggup melindungi kulit dari kerusakan akhir sinar matahari.
RINGKASANHewan kecil dan penelitian pada insan memperlihatkan pertumbuhan tumor yang berkurang secara signifikan ketika ekstrak brokoli dipakai sebagai terapi pelindung terhadap radiasi UV.

Garis bawah

Brokoli ialah sayuran kaya gizi yang sanggup meningkatkan kesehatan Anda dalam banyak sekali cara, mirip dengan mengurangi peradangan, meningkatkan kontrol gula darah, meningkatkan kekebalan dan meningkatkan kesehatan jantung.
Namun, perlu diingat bahwa kesehatan yang baik tidak tiba dari masakan tunggal. Brokoli hanyalah salah satu dari banyak masakan sehat yang sanggup berkontribusi untuk kesehatan yang optimal.
Memasukkan sayuran bergizi ini ke dalam diet sehat dan seimbang Anda dapat membantu Anda mencapai tujuan kesehatan Anda dengan lebih mudah.