Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tugas Kelompok Rancangan Teknik Greenhouse

Tanggal : 18 Desember 2016

Nama  : 1. M.Fuadi Munzir     (F14130028)
              2. Amir Machmud     (F14130030)
              3. Budiarno                (F14130031)



Departemen Teknik Mesin dan Biosistem
Fakultas Teknologi Pertanian
Institut Pertanian Bogor
2016
     



PENDAHULUAN

Latar Belakang

.
          Indonesia yaitu negara agraris yang menimbulkan pertanian sebagai salah satu acara yang sangat menunjang kehidupan masyarakatnya. Pada kehidupan ketika ini pertanian banyak digeluti oleh masyarakat kecil maupun masyarakt tingkat sedang. Namun masyarakat kecil yang masih berada didaerah masih terhambat oleh kurangnya pemanfaatan dan pengembangan teknologi yang memang ketika ini membantu dalam mengelolah lahan pertanian maupun hasil-hasil pertanian. Ketergantungan para petani dari cuaca alam sehingga hasil pertanian tidak memuaskan ketika cuaca yang kita harapkan tidak sesuai dengan yang dibutuhkan (Abbas, 2015).
          Pembangunan permukiman yang begitu pesat khususnya di wilayah perkotaan jawaban tingginya laju pertumbuhan penduduk telah banyak menghabiskan lahan pertanian produktif. Pertumbuhan penduduk tersebut tentunya akan diiringi dengan peningkatan kebutuhan pangan. Budidaya tumbuhan secara hidroponik harus dikembangkan mengingat keberadaan lahan pertanian yang terbatas sementara itu produktivitas hasil pertanian harus terus meningkat. Aktivitas budidaya tumbuhan hidroponik akan berhasil apabila akomodasi untuk budidaya maupun pengelolaannya baik dan memadai (Failasuf, 2015).
Penggunaan rumah tumbuhan (greenhouse) dalam budidaya tumbuhan merupakan salah satu cara untuk memperlihatkan lingkungan yang lebih mendekati kondisi optimum bagi pertumbuhan tanaman. Struktur bangunangreenhouse yang akan dirancang akan berbeda dari satu tempat dengan tempat yang lainnya, hal ini diubahsuaikan dengan karakteristik lingkungan di sekitar greenhouse dan manfaat dari greenhouse yang akan digunakan. Pada tempat iklim subtropika bangunan greenhouse dirancang untuk memanen panas, yang akan dipakai pada musim dingin untuk pertumbuhan tanaman, sedangkan pada tempat iklim tropika bangunan greenhouse dirancang untuk melindungi tumbuhan dari siraman hujan secara langsung,dan intensitas cahaya yang berlebihan.


Sumber http://balazdy.blogspot.com/