Siapakah Para ahli Ilmu dan Berkedudukan Mulia, Andakah?
Siapakah yang benar-benar mendapatkan sebutan ahli ilmu dalam Islam berdasarkan dalil firman Allah di dalam AL-Qur’an? Ahlul ilmi atau ahli ilmu sebagaimana yang telah disebutkan oleh dalildalil dalam AL-Quran dengan menerangkann keutamaankeutamaan bagi mereka ahlul ilmu dan tingginya kedudukan mereka serta besarnya pahala untuk mereka, mereka adalah para pengemban ilmu yang mulia ini, yang mereka amalkan dan terapkan pada diri mereka sendiri dan pada manusia dengan menyebarkan dan menyampaikannya.
Serta telah disebutkan dalil-dalil di dalam Al-Quran bagi orang-orang yang mengetahui ilmu akan tetapi tidak mengamalkannya atau menerapkannya sebagaimana disebutkan dalam firman Allah Swt dalam surat Ash Shaf ayat 3:
Artinya: Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apaapa yang tiada kamu kerjakan” (QS. Ash Shaf : 3).
Maka dapat kita ketahui dari keterangan di atas bahwa orang-orang yang terpuji ialah mereka para ulama’ yang menerapkan dan mengamalkan ilmunya, dan bahwa orang yang tidak menerapkan dan mengamalkan ilmunya dia termasuk orang yang tercela, bukan orang yang mendapat keutamaan.
Bahkan Allah swt juga menurunkan ayat berkaitan dengan mereka yang tidak menerapkan dan mengamalkan ilmunya, maka mereka menduduki kedudukan orang-orang yang bodoh yang tidak memiliki ilmu sama sekali, yaitu di dalam Firman Allah SWT sebagai berikut:
Artinya: “Demi, sesungguhnya mereka telah meyakini bahwa barang siapa yang menukarnya (kitab Allah) dengan sihir itu, tiadalah baginya keuntungan di akhirat, dan amat jahatlah perbuatan mereka menjual dirinya sendiri dengan sihir, kalau mereka mengetahui” (QS. Al Baqarah : 102).
Allah SWT telah memulai dengan mensifati ahlil kitab dengan ilmu melalui huruf taukid qasami (penekanan dan sumpah) (Wa laqad alimu) kemudian menghilangkan ilmu dari mereka (Wa lau kaanuu ya’lamun) karena mereka tidak melaksanakan dan mengamalkan ilmu mereka, maka mereka menduduki kedudukan orangorang yang bodoh.
Syaikhul islaam Ibnu Taimiyyah Rh mengatakan: (Termasuk sesuatu yang tetap tertanam di dalam pikiran kaum muslimin: Bahwa pewaris para Rasul dan pengganti para Nabi mereka adalah orangorang yang menegakkan agama secara ilmu dan amal dan dakwah kepada Allah dan Roasul-Nya, mereka itulah sebenarbenar pengikut para nabi, mereka itu kedudukannya menduduki suatu kelompok yang baik di atas muka bumi ini yang telah bersih dan menerima air lalu tumbuhlah rerumputan dan pepohonan yang banyak, sehingga dia dapat membersihkan dirinya sendiri dan membersihkan manusia, mereke itulah yang mengumpukan antara bashirah tentang agama dan kuatnya dakwah, oleh karena itu mereka adalah para pewaris nabi sebagaimana Allah SWT berfirman tentang mereka:
Artinya: “Dan ingatlah hambahamba Kami: Ibrahim, Ishak dan Ya'qub yang mempunyai perbuatanperbuatan yang besar dan ilmuilmu yang tinggi”
Al aidy Adalah kekuatan pada urusan Allah SWT sedangkan Al Abshaar adalah Bashaair (pandangan hati) tentang agama Allah, dengan bashirahlah akan dapat mengetahui dan menemukan kebenaran, dan dengan kekuatan akan meneguhkan penyampaian, pelaksanaannya dan dakwah kepadanya). (Majmu’ Al Fataawa IV/65).
Asy Syathibi Rh berkata: (Ilmu itu termasuk salah satu dari wasilah wasilah, bukan maksudnya untuk dirinya sendiri jika dilihat dari segi pandangan syar’I, akan tetapai ilmu itu adalah wasilah (sarana) untuk beramal, dan setiap apa yang disebutkan tentang keutamaan ilmu sesungguhnya itu untuk menguatkan ilmu dilihat dari sisi halhal yang harus dilakukan oleh seorang mukallaf (orang yang mendapatkan beban) untuk melaksanakannya) (Al Muwaafaqaat I/65) cet. Daarul Ma’rifah.
Asy Syaathibi juga berkata: (Ilmu yang dianggap merupakan ilmu syar’iy yaitu ilmu yang dipuji oleh Allah Swt dan RosulNya secara umum yaitu ilmu yang memotivasi diri untuk beramal, yang tidak membiarkan pemiliknya untuk mengamalkan sesuai dengan hawanafsunya bagaimanapun keadaannya, akan tetapi ilmu itu mengikat pemiliknya dengan tuntutantuntutannya, yang membawanya diatas undangundangnya baik senang maupun terpaksa. (Al Muwaafaqaat I/69).
Maka dengan demikian telah kita ketahui bahwa ahlul ilmi atau ahli ilmu yang telah disebutkan di dalam dalil-dalil dan firman Allah SWT dengan menerangkan keutamaan mereka adalah para ulama’ yang mengamalkan dan menerapkan ilmunya.
Perlu kita ketahui bersama masih banyak sekali disebutkan di dalam Al Kitab Al-Quran dan dan As Sunnah (hadits Nabi) yang menunjukkan akan keutamaan ilmu serta keutamaan orangorang yang mengamalkan dan menerapkan ilmunya dalam kehidupan sehari-hari.
Sumber https://islamiwiki.blogspot.com/
Serta telah disebutkan dalil-dalil di dalam Al-Quran bagi orang-orang yang mengetahui ilmu akan tetapi tidak mengamalkannya atau menerapkannya sebagaimana disebutkan dalam firman Allah Swt dalam surat Ash Shaf ayat 3:
كَبُرَ مَقۡتًا عِندَ ٱللَّهِ أَن تَقُولُواْ مَا لَا تَفۡعَلُونَ ٣
Artinya: Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apaapa yang tiada kamu kerjakan” (QS. Ash Shaf : 3).
Siapakah orang-orang yang ahli ilmu atau terpuji serta orang yang tercela?
Maka dapat kita ketahui dari keterangan di atas bahwa orang-orang yang terpuji ialah mereka para ulama’ yang menerapkan dan mengamalkan ilmunya, dan bahwa orang yang tidak menerapkan dan mengamalkan ilmunya dia termasuk orang yang tercela, bukan orang yang mendapat keutamaan.
walisongo |
Bahkan Allah swt juga menurunkan ayat berkaitan dengan mereka yang tidak menerapkan dan mengamalkan ilmunya, maka mereka menduduki kedudukan orang-orang yang bodoh yang tidak memiliki ilmu sama sekali, yaitu di dalam Firman Allah SWT sebagai berikut:
وَلَقَدۡ عَلِمُواْ لَمَنِ ٱشۡتَرَىٰهُ مَا لَهُۥ فِي ٱلۡأٓخِرَةِ مِنۡ خَلَٰقٖۚ وَلَبِئۡسَ مَا شَرَوۡاْ بِهِۦٓ أَنفُسَهُمۡۚ لَوۡ كَانُواْ يَعۡلَمُونَ ١٠٢
Artinya: “Demi, sesungguhnya mereka telah meyakini bahwa barang siapa yang menukarnya (kitab Allah) dengan sihir itu, tiadalah baginya keuntungan di akhirat, dan amat jahatlah perbuatan mereka menjual dirinya sendiri dengan sihir, kalau mereka mengetahui” (QS. Al Baqarah : 102).
Allah SWT telah memulai dengan mensifati ahlil kitab dengan ilmu melalui huruf taukid qasami (penekanan dan sumpah) (Wa laqad alimu) kemudian menghilangkan ilmu dari mereka (Wa lau kaanuu ya’lamun) karena mereka tidak melaksanakan dan mengamalkan ilmu mereka, maka mereka menduduki kedudukan orangorang yang bodoh.
Syaikhul islaam Ibnu Taimiyyah Rh mengatakan: (Termasuk sesuatu yang tetap tertanam di dalam pikiran kaum muslimin: Bahwa pewaris para Rasul dan pengganti para Nabi mereka adalah orangorang yang menegakkan agama secara ilmu dan amal dan dakwah kepada Allah dan Roasul-Nya, mereka itulah sebenarbenar pengikut para nabi, mereka itu kedudukannya menduduki suatu kelompok yang baik di atas muka bumi ini yang telah bersih dan menerima air lalu tumbuhlah rerumputan dan pepohonan yang banyak, sehingga dia dapat membersihkan dirinya sendiri dan membersihkan manusia, mereke itulah yang mengumpukan antara bashirah tentang agama dan kuatnya dakwah, oleh karena itu mereka adalah para pewaris nabi sebagaimana Allah SWT berfirman tentang mereka:
وَاذْكُرْ عِبَادَنَآ اِبْراهِيْمَ وَاِسْحَاقَ وَيَعْقُوْبَ اُوْلِى الْاَيْدِيْ وَالْاَبْصَارِ
Artinya: “Dan ingatlah hambahamba Kami: Ibrahim, Ishak dan Ya'qub yang mempunyai perbuatanperbuatan yang besar dan ilmuilmu yang tinggi”
Al aidy Adalah kekuatan pada urusan Allah SWT sedangkan Al Abshaar adalah Bashaair (pandangan hati) tentang agama Allah, dengan bashirahlah akan dapat mengetahui dan menemukan kebenaran, dan dengan kekuatan akan meneguhkan penyampaian, pelaksanaannya dan dakwah kepadanya). (Majmu’ Al Fataawa IV/65).
Asy Syathibi Rh berkata: (Ilmu itu termasuk salah satu dari wasilah wasilah, bukan maksudnya untuk dirinya sendiri jika dilihat dari segi pandangan syar’I, akan tetapai ilmu itu adalah wasilah (sarana) untuk beramal, dan setiap apa yang disebutkan tentang keutamaan ilmu sesungguhnya itu untuk menguatkan ilmu dilihat dari sisi halhal yang harus dilakukan oleh seorang mukallaf (orang yang mendapatkan beban) untuk melaksanakannya) (Al Muwaafaqaat I/65) cet. Daarul Ma’rifah.
Asy Syaathibi juga berkata: (Ilmu yang dianggap merupakan ilmu syar’iy yaitu ilmu yang dipuji oleh Allah Swt dan RosulNya secara umum yaitu ilmu yang memotivasi diri untuk beramal, yang tidak membiarkan pemiliknya untuk mengamalkan sesuai dengan hawanafsunya bagaimanapun keadaannya, akan tetapi ilmu itu mengikat pemiliknya dengan tuntutantuntutannya, yang membawanya diatas undangundangnya baik senang maupun terpaksa. (Al Muwaafaqaat I/69).
Maka dengan demikian telah kita ketahui bahwa ahlul ilmi atau ahli ilmu yang telah disebutkan di dalam dalil-dalil dan firman Allah SWT dengan menerangkan keutamaan mereka adalah para ulama’ yang mengamalkan dan menerapkan ilmunya.
Perlu kita ketahui bersama masih banyak sekali disebutkan di dalam Al Kitab Al-Quran dan dan As Sunnah (hadits Nabi) yang menunjukkan akan keutamaan ilmu serta keutamaan orangorang yang mengamalkan dan menerapkan ilmunya dalam kehidupan sehari-hari.