Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Ujian Ut Akuntansi Eksi4416 Sistem Pengendalian Administrasi Dan Kunci Jawaban

Soal UT Akuntansi EKSI4416 Sistem Pengendalian Manajemen dilengkapi dengan kunci tanggapan kami share untuk Anda sebagai materi berguru untuk mendalami pemahaman Anda dan mempersiapkan diri untuk menghadapi UAS nantinya. Pada artikel sebelumnya kami juga telah memposting Soal UT Akuntansi Semester 6 yaitu Soal Ujian UT Akuntansi EKSI4415 Teori Akuntansi yang tentunya bisa Anda lihat dan pelajari juga.

Kegiatan Ujian Akhir Semester atau UAS tak lama lagi akan dilaksanakan. Setelah kegiatan tutorial berakhir, teman-teman biasanya akan diberikan waktu libur selama kurang lebih satu ahad sebelum UAS dilaksanakan. Mulai dari kini persiapkanlah diri Anda dengan cara berguru yang giat. Karena akan sangat menyesal sekali jikalau Anda harus mengulang kembali mata kuliah yang sama pada semester berikutnya.

Perhatian: Perlu Anda perhatikan, bahwa disini kami mengacu atau berpatokan pada struktur kurikulum UT terbaru, jadi kemungkinan ada mata kuliah yang tidak sesuai dengan mata kuliah di masa pendaftaran sebelumnya. Jangan khawatir, Anda bisa melihat keseluruhan mata kuliah di artikel kami Soal Ujian UT Akuntansi. Silahkan cari dan pelajari soal-soalnya.

Soal Ujian UT Akuntansi Semester 6 Lainnya:

Disini kami membuatkan Soal UT yang sudah dilengkapi dengan kunci jawabannya. Dengan mempelajari soal-soal ibarat ini akan lebih efektif ketimbang Anda harus berguru dengan membaca semua materi pada satu modul saja, sehingga Anda kehabisan waktu dan mata kuliah yang lainnya tidak Anda pelajari.

 dilengkapi dengan kunci tanggapan kami share untuk Anda sebagai materi berguru untuk mendala Soal Ujian UT Akuntansi EKSI4416 Sistem Pengendalian Manajemen dan Kunci Jawaban

Soal UT Akuntansi EKSI4416 Sistem Pengendalian Manajemen

Dimana Soal UT Akuntansi ini tentunya sudah dilengkapi dengan kunci jawabannya. dan semua soal-soal ini bersumber dari situs UT yang tentunya soal-soal ini merupakan soal-soal pilihan dan prediksi. Maka dari itu, persiapkan diri Anda, perbanyak belajar. Dan buka kembali catatan kuliah dan modul Anda untuk memperdalam pemahaman Anda.

Soal UT EKSI4416 Sistem Pengendalian Manajemen

1.  Kumpulan dari dua atau lebih komponen yang saling bekerja sama dan bekerjasama untuk mencapai tujuan tertentu, merupakan pengertian ….
a.  Siklus.
b.  Sistem.
c.  Fungsi.
d.  Skema.
Jawab:
b.  Jawaban benar.

2.  Elemen utama pengendalian berdasarkan Anthony & Govindarajan (2007) adalah…
a.  Detector – assessor – affector - communication network.
b.  Affector – assessor – communication network - controller.
c.  Assesor – controller - detector – system network.
d.  Evaluator – assessor – detector – system network.
Jawab:
a.  Jawaban benar.

3.  Tipe pengendalian yang juga disebut pengendalian desentralisasi yaitu ….
a.  Pengendalian hasil
b.  Pengedalian tindakan.
c.  Pengendalian personil
d.  Pengendalian lingkungan.
Jawab:
a.  Jawaban benar.

4.  Komponen operasi yang terpasang terus menerus, pengendalian administrasi dipengaruhi manusia, keyakinan yang memadai terhadap pencapaian tujuan organisasi merupakan konsep dasar yang harus dipahami untuk …
a.  Melakukan sistem pengendalian.
b.  Menentukan tipe pengendalian.
c.  Merancang sistem pengendalian.
d.  Mengevaluasi pengendalian.
Jawab:
c.  Jawaban benar

5.  Tipe pengendalian yang sebaiknya dilakukan pertama kali sebelum melaksanakan pengendalian yang lain yaitu pengendalian …
a.  Tindakan.
b.  Hasil.
c.  Personil.
d.  Lingkungan.
Jawab:
c.  Jawaban benar.

6.  Berikut ini yang bukan menjadi karakteristik manajer yang baik yaitu …
a.  Memiliki pengetahuan yang memadai mengenai konsep dan praktik.
b.  Mau turun ke lapangan untuk mengetahui permasalahan yang terjadi.
c.  Menjadi teladan yang baik bagi bawahannya.
d.  Sangat berorientasi terhadap tujuan divisinya bukan tujuan perusahaan.
Jawab:
d.  Jawaban benar

7.  Di bawah ini yang merupakan prinsip perencanaan dalam suatu organisasi yaitu ….
a.  Kontribusi terhadap penciptaan laba.
b.  Retorika perencanaan
c.  Pengendalian.
d.  Efisiensi perencanaan.
Jawab:
d.  Jawaban benar

8.  Salah satu output dari proses pengorganisasian yaitu ....
a.  anggaran
b.  tujuan organisasi.
c.  struktur organisasi
d.  sasaran kinerja individu.
Jawab:
c.  Jawaban benar


9.  Manajer harus bisa menghipnotis bawahan untuk bekerja sesuai dengan tugasnya masing-masing secara maksimal dalam upaya pelaksanaan tujuan yang sudah direncanakan yaitu fungsi
a.  Perencanaan.
b.  Pengorganisasian.
c.Penggerakan.
d.Pengendalian.
Jawab:
c.  Jawaban benar.

10. Sekarang ini terjadi pergeseran paradigma bahwa tujuan perusahaan tidak semata-mata profit tetapi juga aspek yang memperhatikan lingkungan eksternal yang tercermin dalam kegiatan ….
a.  Pembayaran pajak.
b.  Customer care hotline.
c.  Corporate social responsibility (CSR).
d.  Pemenuhan dan pertolongan hak karyawan.
Jawab:
b.  Jawaban benar.

11. Agar suatu organisasi tidak hanya mengeksploitasi manfaat yang didapatkannya saja, namun organisasi tersebut harus juga memperlihatkan manfaat secara eksklusif kepada lingkungan di sekitarnya merupakan tujuan kegiatan ….
a.  Pengukuran kinerja balance-score card
b.  Corporate social responsibility (CSR).
c.  Sustainability reporting.
d.  Efisiensi produksi.
Jawab:
c.  Jawaban benar.

12. Sistem pengendalian yang baik harus mempertimbangkan aspek …
a.  Berorientasi jangka pendek.
b.  Ekonomis saja.
c.  Ketercapaian tujuan organisasi.
d.  Inovasi incremental.
Jawab:
a.  Jawaban benar.

13. Pemanfaatan jasa asuransi oleh suatu perusahaan merupakan pengendalian preventif dengan cara ….
a.  Membagi risiko
b.  Mengeliminasi aktivitas.
c.  Otomatisasi.
d.  Sentralisasi.
Jawab:
c.  Jawaban benar.

14. Strategi yang bertujuan mengurangi skala organisasi untuk kepentingan efisiensi dan meningkatkan kinerja yaitu seni administrasi ….
a.  stabilitas
b.  kombinasi.
c.  pengurangan.
d.  eliminasi.
Jawab:
a.  Jawaban benar.

15. Kegunaan anggaran selain untuk memperjelas perencanaan strategis, alat koordinasi dan komunikas antarlini organisasi, pembagian tanggung jawab, yaitu sebagai ….
a.  Dasar penilaian kinerja.
b.  Bentuk pertanggungjawaban manajemen
c.  Output pengendalian organisasi.
d.  Bukti realisasi kegiatan.
Jawab:
b.  Jawaban benar.

16. Bagian anggaran berdiskusi dengan pengusul anggaran membahas proposal anggaran yang diajukan dengan aneka macam perkiraan dan dibandingkan pula dengan realisasi anggaran periode sebelumnya yaitu salah satu urutan penyusunan anggaran dalam tahap ….
a.  Pengajuan proposal anggaran.
b.  Negosiasi.
c.  Review.
d.  Revisi.
Jawab:
a.  Jawaban benar.

17. Menurut Kaplan & Norton (1996) balance scorecard memakai empat pendekatan pengukuran yaitu ….
a.  Finansial, pelanggan, proses bisnis & internal, penemuan & pembelajaran
b.  Nilai perusahaan, pelanggan, penemuan & pembelajaran, jaringan
c.  Proses bisnis & internal, pemasok, pelanggan, lingkungan organisas
d.  Pelanggan, kinerja keuangan, supply-chain management, difusi inovasi.
Jawab:
d.  Jawaban benar.

18. Pengukuran kinerja dengan membandingkan anggaran dan realisasinya sanggup memakai analisis …
a.  Rasio keuangan
b.  Tren
c.  Regresi.
d.  Varians
Jawab:
b.  Jawaban benar.

19. Metode penilaian kinerja yang dilakukan dengan mengukur kinerja berdasarkan pencapaiannya atas tujuan-tujuan spesifik yang telah ditentukan sebelumnya yaitu …
a.  Multiperson comparison
b.  Management by objective
c.  Written essays
d.  Critical incidents.
Jawab:
a.  Jawaban benar.

20. Sistem kompensasi harus memenuhi konsep keadilan yang mempunyai 3 fitur utama berdasarkan Jackson et al. (2010) yaitu…
a.  Distributif, prosedural, interaksional.
b.  Partisipatif, distributif, prosedural.
c.  Fungsional, prosedural, interaksional
d.  Proporsional, interaksional, partisipatif.
Jawab:
b.  Jawaban benar.

21. Di bawah ini yang termasuk bentuk kompensasi yaitu …
a.  Gaji, tunjangan, lelang jabatan.
b.  Bonus, jaminan kesehatan dan keselamatan kerja, jenjang karir yang baik.
c.  Kenyamanan bekerja, fasilitas, rotasi.
d.  Rentang kendali manajemen, bonus liburan, asuransi kesehatan
Jawab:
b.  Jawaban benar.

22. Tujuan sistem pengendalian administrasi sumber daya insan pada kegiatan rekrutmen yaitu …
a.  memastikan bahwa kegiatan rekrutmen berjalan efisien
b.  mengupayakan rekrutmen diikuti oleh banyak peserta
c.  mendapat personil sesuai spesifikasi yang dibutuhkan.
d.  mengawasi penggunaan keuangan sesuai dengan anggaran yang sudah dibuat.
Jawab:
c.  Jawaban benar.

23. Berikut yaitu faktor penyebab kegagalan proses rekrutmen dan seleksi …
a.  Tingkat kompetisi yang tinggi.
b.  Unsur korelasi diutamakan.
c.  Banyaknya jumlah pelamar.
d.  Kompensasi yang rendah
Jawab:
b.  Jawaban benar.

24. Unit kegiatan organisasi yang menjalankan fungsi kegiatannya dengan mengeluarkan sejumlah biaya, namun manfaat yang diberikan tidak sanggup secara eksklusif dihitung dalam suatu satuan uang yang terang disebut dengan …     
a.  Pusat pertanggungjawaban biaya.
b.  Pusat pertanggungjawaban pendapatan.
c.  Pusat pertanggungjawaban laba.
d.  Pusat pertanggungjawaban ekuitas.
Jawab:
a.  Jawaban benar.

25. Suatu analisis yang dipakai untuk sanggup melihat pengaruh-pengaruh yang akan terjadi akhir terjadinya perubahan variabel-variabel masukan dalam analisis risiko keuangan yaitu …
a.  analisis sensitivitas.
b.  analisis cost- volume- profit.
c.  analisis fundamental.
d.  analisis portofolio.
Jawab:
a.  Jawaban benar.

26. Output akuntansi sebagai cuilan dari sistem pengendalian administrasi keuangan yaitu …
a.  Laporan keuangan.
b.  Anggaran
c.  Neraca.
d.  Laporan audit
Jawab:
a.  Jawaban benar.

27. Kepuasan konsumen sanggup diukur dari nilai fungsional suatu produk, artinya ….
a.  kelebihan secara teknis dari produk yang ditawarkan.
b.  manfaat yang didapat berdasarkan nilai uang yang sanggup diperoleh
c.  bersifat sangat subjektif, abstrak, emosional
d.  jumlah pengorbanan yang telah dikeluarkan.
Jawab:
a.  Jawaban benar.

28. Gengsi atau pujian atas pembelian suatu produk bermerk berkaitan dengan nilai …   
a.  Fungsional.
b.  Ekonomis.
c.  Emosional.
d.  Pengorbanan.
Jawab:
c.  Jawaban benar.

29. Bauran pemasaran yang dilihat dari perspektif penjual yaitu 4 P – product, price, place, promotion perlu dipadankan dengan perspektif pembeli yang dikenal dengan 4 C yaitu…
a.  Consumer, cost, convenience, communication.
b.  Cost, complain, convenience, communication.
c.  Care, consumer, communication, cost.
d.  Convenience, capability, complain, care.
Jawab:
a.  Jawaban benar.

30. Upaya untuk menyediakan produk dalam sejumlah susukan distribusi yang memungkinkan konsumen sanggup dengan gampang memperolehnya merupakan salah satu bauran pemasaran yang berkaitan dengan …
a.  Product.
b.  Price.
c.  Place.
d.  Promotion.
Jawab:
a.  Jawaban benar.


31. Dalam upaya membangun komunikasi dengan konsumen dibuatlah sebuah sistem yang mengintegrasikan kegiatan komunikasi pemasaran yang meliputi aktivitas-aktivitas sebelum penjualan dan sesudah penjualan, yaitu …
a.  E-commerce.
b.  Customer relationship management (CRM)
c.  After-sales service.
d.  Marketing-mix.
Jawab:
b.  Jawaban benar.

32. Program dan sasaran pemasaran hendaknya dijalankan selaras. Untuk sasaran pasar golongan masyarakat kelas menengah ke bawah yang lebih ditonjolkan yaitu ….
a.  Kemasan produk yang menarik.
b.  Citra produk yang berkualitas tinggi.
c.  Harga produk yang murah.
d.  Promosi yang ekspansif.
Jawab:
c.  Jawaban benar.

33. Kemampuan manajerial yang dimiliki seseorang termasuk faktor produksi ….
a.  Sumber daya fisik.
b.  Tenaga kerja.
c.  Modal.
d.  Kewirausahaan.
Jawab:
d.  Jawaban benar.

34. Manajemen sediaan (inventory) dengan konsep just in time (JIT) mempunyai manfaat sebagai berikut yaitu ....
a.  Meminimalisir biaya-biaya yang sanggup ditimbulkan alasannya menyimpan barang terlalu lama di gudang.
b.  Memastikan jumlah sediaan tersedia dalam jumlah besar sehingga mengurangi risiko keterlamabatan pengiriman dari pemasok.
c.  Menyegerakan sediaan yang masuk pertama akan keluar pertama untuk menghindari keusangan.
d.  Memaksimalkan fungsi pengendalian dengan cara mengatur distribusi sediaan.
Jawab:
a.  Jawaban benar.

35. Berikut yang bukan merupakan karakteristik organisasi nonprofit yaitu …
a.  Tidak ada pembagian kepemilikan.
b.  Pemerintah berhak mengambil alih jikalau ada persoalan hukum.
c.  Manajemen kolaboratif, kebersamaan & gotong royong.
d.  Berorientasi pada penciptaan kemakmuran pemiliknya.
Jawab:
d.  Jawaban benar.

36. Menurut PSAK no. 45, komponen laporan keuangan yang harus ada di perusahaan nirlaba yaitu …
a.  Neraca.
b.  Laporan keuntungan rugi.
c.  Laporan arus kas.
d.  Laporan prospektus.
Jawab:
c.  Jawaban benar.

37. Bentuk laporan keuangan organisasi nonprofit yang tidak terdapat dalam format laporan keuangan organisasi profit yaitu …
a.  Laporan posisi keuangan.
b.  Laporan arus kas.
c.  Laporan aktivitas.
d.  Catatan atas laporan keuangan.
Jawab:
c.  Jawaban benar.

38. Prinsip pembatasan penggunaan sumber daya yang dipakai dan dimanfaatkan untuk kepentingan tertentu hingga batas waktu dan penggunaan yang telah ditetapkan pada akuntansi organisasi nirlaba disebut prinsip pembatasan ….
a.  Permanen.
b.  Temporer.
c.  Tetap.
d.  Terikat.
Jawab:
b.  Jawaban benar.

39. Sesuai dengan karakteristiknya, metode pencatatan akuntansi yang sanggup dipakai oleh organisasi nirlaba yaitu ...
a.  Cash basis saja.
b.  Accrual basis saja.
c.  Cash & accrual basis saja.
d.  Cash, accrual, dan modified accrual basis.
Jawab:
d.  Jawaban benar.

40. Berikut yang merupakan sumber pendanaan organisasi nonprofit yaitu …
a.  Setoran pemilik
b.  Donasi masyarakat.
c.  Penawaran saham.
d.  Obligasi.
Jawab:
b.  Jawaban benar.

Download Soal UT Akuntansi EKSI4416 Sistem Pengendalian Manajemen

Soal-soal di atas telah kami siapkan dalam bentuk file pdf yang mana bisa Anda unduh eksklusif melalui link berikut ini.


Cukup sekian pembahasan yang sanggup kami sampaikan untuk Anda terkait Soal Ujian UT Akuntansi EKSI4416 Sistem Pengendalian Manajemen dan Kunci Jawaban. Semoga dengan adanya soal-soal di atas bisa menyebabkan materi berguru yang efektif untuk Anda nantinya, sehingga Anda akan lebih siap dalam mengikuti UAS nantinya. Jika ada pertanyaan atau reques soal-soal silahkan sampaikan pada kami melalui laman Contact, terima kasih.
Sumber https://www.soalut.com/