Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Dan Cara Mengatasi Keterlambatan Bicara Pada Anak

Setiap orangtua tentu ingin anaknya tumbuh dan kembang dengan normal. Orangtua bisa jadi merasa duka bila anaknya mengalami keterlambatan dalam pertumbuhan dan perkembangan anaknya. Dalam hal berbicara juga, setiap orangtua akan was-was bila melihat kemampuan bicara anak tidak sesuai dengan usia dan pertumbuhan badannya. Untuk itu, setiap orang bau tanah harus mengetahui penyebab dan cara mengatasi keterlambatan bicara pada anak bila ada gejala anak mengalami hal tersebut. Namun, alangkah lebih baiknya orang bau tanah mengetahui perkembangan dan tahapan kemampuan bicara pada anak yang normal.
 Setiap orangtua tentu ingin anaknya tumbuh dan kembang dengan normal Penyebab dan Cara Mengatasi Keterlambatan Bicara Pada Anak
keterlambatan bicara pada anak

Sebagian besar keterlambatan bicara pada anak diakibatkan anak tersebut jarang berlatih, sering bermain sendiri, dan bersikap pasif. Keterlambatan ini lebih gampang diatasi dengan santunan rangsangan dan sering diajak berkomunikasi. Namun apabila anak tersebut terlihat aktif namun tidak tidak bicara atau ucapakan tidak sesuai dengan usianya maka kemungkinan besar disebabkan oleh hal lain ibarat gangguan pendengaran, gangguan pada otak (misalnya retardasi mental, gangguan bahasa spesifik reseptif dan/atau ekspresif), autisme, atau gangguan pada organ verbal yang menjadikan anak sulit melafalkan kata-kata (dikenal sebagai gangguan artikulasi). Untuk itu perlu dikonsultasikan kepada dokter.


Orang bau tanah yang merupakan orang terdekat dengan si anak memegang peranan penting dalam perkembangan bicara seorang anak. Banyaknya kosa kata yang di dengar seorang anak berbanding lurus dengan kosa kata yang dikuasai anak tersebut.

Beberapa hal yang sanggup dilakukan orang bau tanah untuk meningkatkan kemampuan bicara seorang anak antara lain sebagai berikut:
 Setiap orangtua tentu ingin anaknya tumbuh dan kembang dengan normal Penyebab dan Cara Mengatasi Keterlambatan Bicara Pada Anak
latih bicara anak

  • Rajin berkomunikasi dengan anak, walaupun ia masih bayi. Ucapkan nama-nama benda yang ada disekitarnya, sebutkan nama orang-orang yang ada disekitarnya. Bayi memang tidak mengerti apa yang diucapkan, namun itu merupakan modal penting dalam perkembangan bahasanya nanti. Usahakan dalam berkomunikasi memakai kalimat pendek dengan bahasa sederhana biar anak sanggup mengerti dengan mudah.
  • Bermain bersama sesering mungkin baik bersama orang bau tanah atau sobat seusianya. Saat bermain bersama akan meningkatkan komunikasi. Anak akan mulai bertanya perihal hal-hal disekitarnya. Orang bau tanah yang bijak harus menjelaskan dengan sabar, meskipun anak akan sering mengulang pertanyaan yang sama.
  • Menemani saat menonton televisi, dan berikan klarifikasi mengenai program televisi yang berlangsung, serta membatasi anak menonton maksimal 2 jam setiap harinya.
  • Ucapkan kata dengan benar. Bukan orang bau tanah yang mengikuti kata-kata anak, tetapi anak harus mengikuti kata yang diucapkan oleh orang tuanya, contohnya susu bukan cucu. Kebanyakan orang bau tanah akan menyampaikan cucu ke anaknya, namun ini ialah hal yang salah. Anak akan menganggap apa yang diucapkannya telah benar dan sempurna, sehingga tidak perlu adanya perbaikan, hal tersebut akan menghambat perkembangan bicaranya.
  • Lakukan terapi bicara jikalau orang bau tanah super sibuk

Keterlambatan bicara sebaiknya sanggup dikenali sesegera mungkin biar sanggup diatasi secara maksimal. Orang bau tanah mempunyai peranan yang sangat penting dalam mengenali setiap pertumbuhan dan perkembangannya anaknya.


Jelajahi gosip kesehatan blog ini di  kedokteran-kesehatan

Sumber http://kedokteran-kesehatan.blogspot.com/