Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Warning!! Hati-Hati Memakai Perintah Diskpart Di Cmd Dikala Install Ulang Dapat Menghapus Partisi Hardisk (Mengatasi Gpt Partition Style)

Assalamu’alaikum..

            Setelah backUp data selesai tanpa Masuk OS dan data sudah aman. Kini saatnya ialah menghapus kedua partisi hardisk di laptop biar dapat di buat partisi gres lagi sama menyerupai gres beli laptop dari toko. Fungsinya menghapus kedua partisi ini, untuk mengubah tipe partisi GPT menjadi MBR.

            Sehingga partisi tersebut dapat dibentuk kembali sebagai kawasan penginstalan OS (untuk drive C) dan kawasan meletakkan / menyimpan data-data (drive D).

            Caranya pun masih di bilang gampang sob, masih memakai bootable Flashdisk windows 8.1, flashdisk nya jangan hingga di lepas dulu yaa..

            Oke eksklusif saja sob, silahkan disimak :

1. Jika belum punya Bootable Windows 8.1 di Flashdisk, silahkan di buat terlebih dahulu – Colok flashdisk pada laptop yang mau di install – atur Setingan BIOS biar yang pertama boot ialah Flashdisk – kemudian pada tampilan “Windows Setup” yang kedua, tekan “Shift + F10”.


2. Nanti akan muncul tampilan kotak obrolan CMD (Command Prompt)

Pada tampilan CMD, silahkan teman ketik :

- diskpart – tekan Enter
- list disk – tekan Enter
- select disk 0 (disk 0, ialah partisi hardisk laptop sobat, silahkan lihat pada list disk)
- clean – tekan Enter

*Jika memang berhasil akan ada bacaan “Diskpart succeeded in cleaning the disk” menyerupai gambar dibawah :


3. Jika sudah selesai, Close tampilan CMD-nya, kemudian Close pada tampilan Windows Setup (hingga laptop restart dengan sendirinya) – silahkan teman install ulang menyerupai biasa, hingga menampilkan tampilan untuk “Partisi Baru Hardisk”, akan terlihat menyerupai gambar dibawah :


Note :

Drive 0 Unallocatted diatas ialah hasil dari kedua partisi sebelumnya yang sudah di hapus (dari drive C dan drive D), hingga menjadi kosong dan menyatu, sama menyerupai laptop baru. Jangan khawatir, karna sebelumnya kan sudah di back up datanya.. ^^

Keterangan gambar nomor :

1 dan 2. Untuk menciptakan partisi baru, pertama-tama buat partisi untuk Operating Systemnya terlebih dahulu (drive C), klik Partisi kosong yang bertuliskan “Drive 0 Unallocatted Disk” – klik New,

3 dan 4. Lalu atur kapasitas yang nanti nya akan di buat system C, disini aku akan menciptakan kapasitasnya sebesar 100000 MB atau 100 GB. Jika sudah yakin klik “Apply”.

4. Jika sudah klik “Apply”, maka akan tertera partisi untuk System C dengan nama “Drive 0 Partition 2”. Lalu klik pada Drive 0 Partition 2 – klik Next, menyerupai gambar dibawah


5. Selesai deeh, Tahap selanjutnya ialah proses intalasi OS Windows 8.1 nya, tinggal di tunggu saja ya sob hingga selesai.. ^^


Jangan Lupa!!

            Oh iya, sesudah selesai semua tahap Instalasi OS nya (sudah masuk windows nya), jangan lupa untuk mengaktifkan drive D nya, biasanya dikala pertama kali drive D nya di klik, akan di minta untuk di Format terlebih dahulu.

            Ikuti saja dan Format dulu sob Drive D nya – setelah Format selesai gres deh Copy Paste Data yang sebelumnya sudah ada di External Storage ke Drive D gres laptop sobat.

Huuhh.. Alhamdulillah jadinya selesai juga artikel yang berdasarkan aku panjang, dari awal curhat dikala install ulang, hingga sudah dapat Partisi dan berhasil install ulang. Tak apalah kalau tak ada yang baca, tapi takkan menciptakan minat aku berkurang untuk menulis ketika aku menemukan hal baru. hehehe

            Mungkin itu saja ihwal Warning!! Hati-Hati Menggunakan Perintah Diskpart di CMD Saat Install Ulang, Bisa Menghapus Partisi Hardisk (Mengatasi GPT Partition)

            Mohon maaf apabila gambar yang di tampilkan dari artikel ini ataupun yang sebelum-sebelumnya tidak terperinci dan ada kata-kata yang kurang berkenan, tapi sebisa mungkin aku jelaskan dengan sedetil-detilnya. Kalau ada yang kurang paham silahkan komentar yaa.. terima kasih.. ^^


Wassalamu’alaikum..



Sumber https://faris6593.blogspot.com/