Vitamin A ialah istilah umum untuk sekelompok senyawa yang larut dalam lemak yang sangat penting bagi kesehatan manusia.
Mereka penting untuk banyak proses dalam badan Anda, termasuk menjaga visi yang sehat, memastikan fungsi normal dari sistem kekebalan badan dan organ dan membantu pertumbuhan dan perkembangan yang sempurna dari bayi di dalam rahim.
Dianjurkan semoga laki-laki mendapat 900 mcg, perempuan 700 mcg dan belum dewasa dan cukup umur 300-600 mcg vitamin A per hari.
Senyawa vitamin A ditemukan baik dalam kuliner hewani dan nabati dan tiba dalam dua bentuk berbeda: vitamin A yang diformulasi dan provitamin A.
Preformed vitamin A dikenal sebagai bentuk aktif dari vitamin, yang sanggup dipakai oleh badan Anda sebagaimana adanya. Ini ditemukan dalam produk hewani termasuk daging, ayam, ikan dan susu dan termasuk senyawa retinol, retina dan asam retinoat.
Provitamin A carotenoids - alpha-carotene, beta-carotene dan beta-cryptoxanthin - ialah bentuk tidak aktif dari vitamin yang ditemukan pada tumbuhan.
Senyawa-senyawa ini diubah menjadi bentuk aktif dalam badan Anda. Misalnya, beta-karoten diubah menjadi retinol (bentuk aktif vitamin A) di usus kecil Anda.
Berikut ini 6 manfaat kesehatan penting dari vitamin A.

1. Melindungi Mata Anda Dari Kebutaan Malam dan Penurunan Usia yang Terkait


Vitamin A ialah istilah umum untuk sekelompok senyawa yang larut dalam lemak yang sangat   6 Manfaat Kesehatan Vitamin A, Didukung oleh Sains

Vitamin A sangat penting untuk menjaga penglihatan Anda.
Vitamin diharapkan untuk mengubah cahaya yang mengenai mata Anda menjadi sinyal listrik yang sanggup dikirim ke otak Anda.
Faktanya, salah satu tanda-tanda pertama defisiensi vitamin A ialah rabun senja, yang dikenal sebagai nyctalopia.
Kebutaan malam terjadi pada orang dengan kekurangan vitamin A, lantaran vitamin merupakan komponen utama pigmen rhodopsin.
Rhodopsin ditemukan di retina mata Anda dan sangat sensitif terhadap cahaya.
Orang-orang dengan kondisi ini masih sanggup melihat secara normal di siang hari, tetapi telah mengurangi penglihatan dalam kegelapan dikala mata mereka berjuang untuk menangkap cahaya pada tingkat yang lebih rendah.
Selain mencegah kebutaan di malam hari, mengonsumsi beta karoten dalam jumlah yang cukup sanggup membantu memperlambat penurunan penglihatan yang dialami oleh sebagian orang dikala mereka menua.
Degenerasi makula terkait usia atau age-related macular degeneration (AMD) ialah penyebab utama kebutaan di negara maju. Meskipun penyebab pastinya tidak diketahui, itu dianggap sebagai hasil kerusakan seluler pada retina, yang disebabkan oleh stres oksidatif.
Studi Penyakit Mata Terkait Usia menemukan bahwa memperlihatkan orang di atas usia 50 dengan beberapa degenerasi penglihatan aksesori antioksidan (termasuk beta-karoten) mengurangi risiko mereka menyebarkan degenerasi makula lanjut sebesar 25%.
Namun, ulasan Cochrane baru-baru ini menemukan bahwa aksesori beta-karoten saja tidak akan mencegah atau menunda penurunan penglihatan yang disebabkan oleh AMD.
RINGKASANMakan vitamin A dalam jumlah yang cukup mencegah perkembangan kebutaan di malam hari dan sanggup membantu memperlambat penurunan penglihatan yang berkaitan dengan usia.

2. Dapat menurunkan risiko kanker tertentu

Kanker terjadi ketika sel-sel aneh mulai tumbuh atau membelah dengan cara yang tidak terkontrol.
Karena vitamin A memainkan tugas penting dalam pertumbuhan dan perkembangan sel-sel Anda, pengaruhnya terhadap risiko kanker dan tugas dalam pencegahan kanker menjadi perhatian para ilmuwan.
Dalam penelitian observasional, makan lebih banyak jumlah vitamin A dalam bentuk beta-karoten telah dikaitkan dengan penurunan risiko jenis kanker tertentu, termasuk limfoma Hodgkin, serta kanker leher rahim, paru-paru dan kandung kemih.
Namun, meskipun asupan tinggi vitamin A dari kuliner nabati telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker, kuliner hewani yang mengandung bentuk aktif vitamin A tidak terkait dengan cara yang sama.
Demikian pula, aksesori vitamin A belum memperlihatkan imbas menguntungkan yang sama.
Bahkan, dalam beberapa penelitian, perokok yang mengonsumsi aksesori beta-karoten mengalami peningkatan risiko kanker paru-paru.
Saat ini, kekerabatan antara kadar vitamin A dalam badan Anda dan risiko kanker masih belum sepenuhnya dipahami.
Namun, bukti dikala ini memperlihatkan bahwa mendapat vitamin A yang cukup, terutama dari tanaman, penting untuk pembelahan sel yang sehat dan sanggup mengurangi risiko beberapa jenis kanker.
RINGKASANAsupan vitamin A yang cukup dari seluruh kuliner nabati sanggup mengurangi risiko kanker tertentu, termasuk limfoma Hodgkin, serta kanker leher rahim dan kandung kemih. Namun, kekerabatan antara vitamin A dan kanker belum sepenuhnya dipahami.

3. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh yang Sehat

Vitamin A memainkan tugas penting dalam menjaga pertahanan alami badan Anda.
Ini termasuk penghalang lendir di mata Anda, paru-paru, usus dan alat kelamin yang membantu menjebak kuman dan biro abses lainnya.
Ini juga terlibat dalam produksi dan fungsi sel darah putih, yang membantu menangkap dan membersihkan kuman dan patogen lainnya dari pedoman darah Anda.
Ini berarti bahwa kekurangan vitamin A sanggup meningkatkan kerentanan Anda terhadap abses dan menunda pemulihan Anda ketika Anda sakit.
Bahkan, di negara-negara di mana abses ibarat campak dan malaria ialah umum, memperbaiki kekurangan vitamin A pada belum dewasa telah terbukti mengurangi risiko kematian jawaban penyakit ini.
RINGKASANMemiliki cukup vitamin A dalam diet Anda membantu menjaga sistem kekebalan badan Anda sehat dan berfungsi dengan sebaik-baiknya.

4. Mengurangi Risiko Jerawat

Jerawat adalah gangguan kulit inflamasi kronis.
Orang-orang dengan kondisi ini menyebarkan bintik-bintik yang menyakitkan dan komedo, paling sering pada wajah, punggung dan dada.
Bintik-bintik ini terjadi ketika kelenjar sebaceous tersumbat dengan kulit mati dan minyak. Kelenjar ini ditemukan di folikel rambut di kulit Anda dan menghasilkan sebum, zat berminyak, lilin yang menciptakan kulit Anda terlumasi dan tahan air.
Meskipun bintik-bintik itu tidak berbahaya secara fisik, jerawat sanggup mempunyai imbas serius pada kesehatan mental orang dan mengakibatkan rendahnya harga diri, kecemasan dan depresi.
Peran niscaya yang dimainkan vitamin A dalam pengembangan dan perawatan jerawat masih belum jelas.
Telah dikemukakan bahwa kekurangan vitamin A sanggup meningkatkan risiko Anda menyebarkan jerawat, lantaran mengakibatkan kelebihan produksi keratin protein di folikel rambut Anda.
Ini akan meningkatkan risiko jerawat Anda dengan membuatnya lebih sulit bagi sel-sel kulit mati untuk dikeluarkan dari folikel rambut, yang mengarah ke penyumbatan.
Beberapa obat berbasis vitamin A untuk jerawat kini tersedia dengan resep.
Isotretinoin ialah salah satu teladan retinoid oral yang efektif dalam mengobati jerawat parah. Namun, obat ini sanggup mempunyai imbas samping yang serius dan hanya harus dilakukan di bawah pengawasan medis.
RINGKASANPeran niscaya vitamin A dalam pencegahan dan pengobatan jerawat tidak jelas. Namun, obat-obatan berbasis vitamin A sering dipakai untuk mengobati jerawat yang parah.

5. Mendukung Kesehatan Tulang

Nutrisi kunci yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang karena usia Anda protein, kalsium dan vitamin D.
Namun, mengonsumsi cukup vitamin A juga diharapkan untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang yang tepat, dan kekurangan vitamin ini telah dikaitkan dengan kesehatan tulang yang buruk.
Bahkan, orang dengan kadar vitamin A dalam darah lebih rendah mempunyai risiko patah tulang lebih tinggi daripada orang dengan tingkat sehat.
Selain itu, meta-analisis terbaru dari studi observasional menemukan bahwa orang dengan jumlah total vitamin A tertinggi dalam kuliner mereka mempunyai risiko patah tulang sebesar 6%.
Namun, kadar rendah vitamin A mungkin bukan satu-satunya problem ketika menyangkut kesehatan tulang. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa orang dengan asupan vitamin A tinggi mempunyai risiko patah tulang yang lebih tinggi juga.
Meski begitu, temuan ini semua didasarkan pada studi observasional, yang tidak sanggup memilih alasannya dan akibat.
Ini berarti bahwa dikala ini, kekerabatan antara vitamin A dan kesehatan tulang belum sepenuhnya dipahami, dan uji coba yang lebih terkontrol diharapkan untuk mengkonfirmasi apa yang telah dilihat dalam studi observasional.
Ingatlah bahwa status vitamin A saja tidak memilih risiko patah tulang, dan dampak ketersediaan nutrisi kunci lainnya, ibarat vitamin D, juga memainkan peran.
RINGKASANMengonsumsi jumlah vitamin A yang disarankan sanggup membantu melindungi tulang Anda dan mengurangi risiko patah tulang, meskipun kekerabatan antara vitamin dan kesehatan tulang belum sepenuhnya dipahami.

6. Meningkatkan Pertumbuhan dan Reproduksi yang Sehat

Vitamin A sangat penting untuk menjaga sistem reproduksi yang sehat pada laki-laki dan wanita, serta memastikan pertumbuhan normal dan perkembangan embrio selama kehamilan.
Penelitian pada tikus yang meneliti pentingnya vitamin A pada reproduksi laki-laki memperlihatkan bahwa defisiensi menghalangi perkembangan sel sperma, menyebabkan infertilitas.
Demikian juga, penelitian pada binatang telah memperlihatkan bahwa kekurangan vitamin A pada perempuan sanggup berdampak pada reproduksi dengan mengurangi kualitas telur dan menghipnotis implantasi telur di dalam rahim.
Pada perempuan hamil, vitamin A juga terlibat dalam pertumbuhan dan perkembangan banyak organ dan struktur utama pada janin, termasuk kerangka, sistem saraf, jantung, ginjal, mata, paru-paru dan pankreas.
Namun, meskipun jauh lebih umum daripada kekurangan vitamin A, terlalu banyak vitamin A selama kehamilan dapat berbahaya bagi bayi yang sedang tumbuh juga dan sanggup mengakibatkan cacat lahir.
Oleh lantaran itu, banyak otoritas kesehatan menyarankan semoga perempuan menghindari kuliner yang mengandung jumlah vitamin A terkonsentrasi, ibarat pate dan hati, serta aksesori yang mengandung vitamin A selama kehamilan.
RINGKASANJumlah vitamin A yang cukup dalam kuliner sangat penting untuk kesehatan reproduksi dan perkembangan bayi yang sehat selama kehamilan.

Mengambil Terlalu Banyak Vitamin A Bisa Berisiko

Vitamin A adalah vitamin yang larut dalam lemak, yang disimpan dalam badan Anda. Ini berarti konsumsi berlebih sanggup mengakibatkan tingkat racun.
Hypervitaminosis A disebabkan oleh terlalu banyak mengonsumsi vitamin A melalui diet atau aksesori yang mengandung vitamin.
Gejala sanggup berupa mual, pusing, sakit kepala, nyeri dan bahkan kematian.
Meskipun sanggup disebabkan oleh asupan yang berlebihan dari diet, ini jarang terjadi dibandingkan dengan konsumsi berlebihan dari aksesori dan obat-obatan.
Selain itu, makan banyak provitamin A dalam bentuk tanamannya tidak membawa risiko yang sama, lantaran konversi ke bentuk aktif dalam badan Anda diatur.
RINGKASANMengkonsumsi sejumlah besar bentuk aktif vitamin A dari kuliner hewani, obat-obatan atau aksesori sanggup menjadi racun. Konsumsi provitamin A yang berlebihan dari kuliner nabati tidak mungkin.

Garis bawah

Vitamin A sangat penting untuk banyak proses penting dalam badan Anda.
Ini dipakai untuk menjaga penglihatan yang sehat, memastikan fungsi normal organ dan sistem kekebalan badan Anda, serta membangun pertumbuhan dan perkembangan normal bayi di dalam rahim.
Terlalu sedikit dan terlalu banyak vitamin A sanggup mempunyai imbas negatif pada kesehatan Anda.
Cara terbaik untuk memastikan Anda mendapat keseimbangan yang sempurna ialah mengonsumsi makanan yang kaya vitamin A sebagai kepingan dari diet normal Anda dan hindari suplementasi dengan jumlah berlebihan.