Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tugas Final Kewirausahaan Teknik

TUGAS AKHIR KEWIRAUSAHAAN TEKNIK


“Nugget Bayam Amaranthus” Makanan Sehat Kaya Serat,
Upaya Diversifikasi Produk Pangan Melalui Pemanfaatan Bayam (Amaranthus tricolor L.)  sebagai Nugget Sehat dan Bergizi Tinggi


Disusun Oleh :

1. M. Fuadi Munzir             F14130031
2. Amir Machmud F14130030
3. Budiarno         F14130031
4. Sulthon Arif R         F14130032
5. Ardhan Syahputra         F14130033




DEPARTEMEN TEKNIK MESIN DAN BIOSISTEM
FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN
INSTITUT PERTANIAN BOGOR
2015



RINGKASAN

Saat ini, pola konsumsi masyarakat mulai berubah seiring dengan perubahan gaya hidup. Umumnya referensi konsumsi yang modern ini cenderung tidak seimbang kandungan zat gizinya yang sanggup mengakibatkan efek negatif bagi kesehatan, salah satunya gangguan peredaran darah. Hal ini mengakibatkan diperlukannya ketersediaan produk olahan makanan yang bernilai gizi tinggi, kondusif untuk dikonsumsi, dan menyehatkan.
Bayam ialah tanaman sayuran yang dikenal dengan nama ilmiah Amaranthus tricolor L. Kandungan klorofil pada bayam sangat baik buat jalan masuk pencernaan pada balita maupun orang remaja sehingga mempelancar jalan masuk kandung kemih dan menghilangkan toksin pada tubuh. Sayuran bayam baik untuk kesehatan mata dan mencegah kanker, defisiensi zat besi atau anemia. Selain untuk mencegah anemia, bayam juga sanggup menghambat enzim angiotensin converting yang sanggup membantu menurunkan tekanan darah. Kandungan kalisum dalam bayam juga sanggup mencegah pengapuran tulang (Dwiari, 2008: 1). Kandungan gizi bayam terdapat vitamin dan mineral, sumber kalsium, vitamin A, vitamin E dan juga vitamin C, zat besi, serat dan juga betakaroten (Dwiari, 2008:1). Oleh alasannya ialah itu, kami berinovasi memanfaatkan krokot menjadi (Nugget Bayam Amaranthus) sebagai upaya pemenuhan kebutuhan pangan alami, bergizi, dan menyehatkan.


Tujuan perjuangan ini ialah untuk pengoptimalan pemanfaatan bayam dalam pembuatan makanan yang sehat dan terjangkau dimasyarakat, memperlihatkan alternatif makanan sehat tinggi serat yang sanggup dikonsumsi oleh semua kalangan, membuka peluang perjuangan gres untuk sumber pendapatan, dan sebagai upaya diversifikasi pangan guna meningkatkan kualitas, nilai, dan masa simpan. Dari perjuangan ini, diharapkan sanggup memperoleh hasil yang menerangkan bahwa bayam mempunyai potensi sebagai makanan menyehatkan terutama untuk mengganti nugget yang kurang sehat dan tidak terjangkau dimasyarakat.
Segmen pasar yang dipilih dalam perjuangan ini ialah masyarakat menengah ke bawah maupun masyarakat kalangan atas. Produk NUGGET BAYAM AMARANTHUS ini diubahsuaikan dengan sasaran pasarnya, oleh alasannya ialah itu harga produk sanggup terjangkau/relatif murah dengan tetap mempertahankan kualitas. Nugget ini mempunyai keunikan tersendiri, dan mempunyai perbedaan dengan nugget lainnya di pasaran. Selain rasanya yang gurih, enak, lezat, dan kandungan gizinya yang cukup tinggi, nugget ini juga tidak memakai zat pengawet, oleh alasannya ialah itu produk ini cukup kondusif dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama, sehingga NUGGET BAYAM AMARANTHUS tidak kalah saing dengan produk-produk nugget di pasaran.

Kata Kunci: Pola konsumsi, Bayam (Amaranthus tricolor L.), serat, dan

NUGGET BAYAM.


Sumber http://balazdy.blogspot.com/